5 Pantai Favorit Wisatawan Di Jogja

PANTAI FAVORIT WISATAWAN DI JOGJA

Sebagai tempat wisata, salah satu daya tarik jogja terletak pada panorma alam. Baik panorama alam pegunungan, pemandangan alam dan perbukitan, Serta panorama alam pantai Jogja. Pantai di Jogja tepatnya di daerah Gunung Kidul jumlahnya sangat banyak. Ada pantai yang memiliki pantai pasir putih atau pantai yang pasirnya berwarna hitam. Namun untuk objek wisata, pantai yang memiliki pasir putih biasanya lebih banyak dikunjungi wisatawan.

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar wilayah Gunung Kidul berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Di musim kemarau daerah ini juga sering mengalami kekeringan. Namun siapa sangka di balik daerah yang gersang ini terdapat potongan surga yang eksotis dan sensasional.

Berikut 5 pantai favorit yang biasa dikunjungi oleh wisatawan, cekidot yak

 

1. Pantai Indrayanti

Nama pantai ini sebenarnya adalah pantai Pulang Sawal atau disingkat dengan pantai Pulsa. Indrayanti sebenarnya adalah nama pemiliki sebuah cafe disana. Namun, orang-orang sudah terlanjur mengenal pantai ini dengan nama pantai Indrayanti. Masih berada di kecamatan Tepus, pantai Indrayanti memiliki pasir putih serta air yang bersih. Asyik sekali untuk bermain-main air

Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti ini sudah cukup ramai namun keasrian pantai ini masih terjaga dengan sangat baik. Pantai ini juga sudah cukup modern. Disana sudah terdapat penginapan, cafe serta restoran. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu-batu karang berukuran besar. Terdapat pula gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati udara pantai yang sejuk dan menenangkan.

 

2. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal adalah salah satu pantai paling cantik yang ada di Jogja. Pasir pantai di sini terlihat putih bersih dan lembut. Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang membuat pemandangan semakin indah. Pantai Pok Tunggal ini cenderung baru. Pantai ini baru mulai booming mulai tahun 2012. Pantai ini memiliki beberapa keuikan. Salah satunya adalah keberadaan sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah.

Penamaan pantai ini diambil dari sebuah pohon yang terdapat disana. Pantai ini masih berada di kecamatan yang sama dengan pantai Siung yakni kecamatan Tepus.

 

3. Pantai Jogan

Keberadaan pantai ini belum banyak diketahui oleh orang-orang. Daya tarik utama pantai ini adalah keberadaan air terjun yang jatuh dari tebing tepat di bibir pantai. Kamu bisa main-main di air terjun tersebut dengan bebas. Namun, berhati-hatilah ketika berjalan turun karna tracknya cukup licin. Setelah tiba dibawah, kamu bisa mandi air terjun sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

 

4. Pantai Ngelambor

Pantai Ngelambor adalah salah satu pantai di Gunung Kidul yang paling cocok untuk melakukan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pemandangan bawah laut di pantai ini juga cukup indah.

Air laut di pantai ini cukup jernih untuk memungkinkan kita melihat pemandangan bawah laut dengan lebih leluasa. Ikan-ikan kecil, karang-karang yang indah serta beberapa biota laut merupakan pemandangan yang bisa ditemukan ketika melakukan snorkeling di Pantai Nglambor.

 

5. Pantai Timang

Pantai Timang Gunungkidul ini sebenarnya dibagi menjadi dua areal yang berbeda, pada bagian pertama berada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir yang berwarna putih bersih sama dengan kebanyakan pantai putih lainnya. Sedangkan pada bagian kedua yang berada pada sisi bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yanng cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Pada pantai berbatu ini pemandangan akan sangat indah karena terdapat batu yang cukup besar berdiri kokoh di pinggir pantai. Batu besar atau pulau tersebut dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang.

Pulau Timang Gunungkidul memang bukan pulau seperti pada umumnya yang berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Pulau ini tidak lebih berupa bongkahan batu karang yang besar dengan tebing yang sangat curam. Untuk mencapai Pulau Timang ini wisatawan harus menggunakan semacam gantole tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat sehingga dapat menopang berat badan dari seseorang dan selanjutnya ditarik oleh beberapa orang sehingga gantole tersebut akan bergerak ke arah Pulau Timang.

Jarak luncur dari gantole ini sekitar 50-100 me kearah barat dari Pantai Timang. Dibutuhkan mental yang kuat bila ingin mencoba menyeberang kesana, karena sepanjang jarak tersebut anda akan meluncur sendirian menaiki gantole diatas lautan yang dalam dengan ombak yang besar.

Dibalik kerasnya perjuangan menuju kesana, ternyata Pulau Timang tempat yang paling baik untuk mencari hasil laut. Masyarakat setempat sering menggunakan kereta gantung ini menuju Pulau Timang untuk mencari hasil laut yang banyak terdapat di sana terutama Lombster. Hasil laut berupa Lobster yang memiliki nilai jual yang tinggi inilah yang membuat mayarakat setempat sampai rela bersusah payah dan berjuang untuk menuju kesana dengan medan berbahaya untuk mendapatkan hasil tangkapan tersebut.

Rute perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam. Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 km. Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong – jalanan berbatu – Pantai Timang.

Yak itu lah 5 pantai favorit wisatawan yang sering dikunjungi pada tahun ini, apakah kalian tertarik untuk kesini? yuk langsung hubungi kami aja, masalah budget? gampang, bisa diatur kok 😀